Tuesday, February 3, 2009

Sangat beresiko menggantunkan hidup kita pada orang lain



Apa yang ada di kepala anda jika mendengar kata " pecat"?

Jawabannya bisa beragam, tergantung siapa diri anda dan pengen jadi apa anda kelak.

Akhir-akhir ini saya sering sekali mendengar kata " pecat", baik dari pembicaraan ditempat kerja, tv, kkoran dll.
Akibat dari krisis global yang terjadi di Amerika. dan berakibat dari melemah nya sektor industri. utamanya Otomotif.

The big three (Ford, Chrysler, GM ) Terancam bangkrut, ribuan orang yang bakal kehilangan perkerjaan.
Di Jepang pun tak kalah parah, beberapa produsen otomotif pun mengalami hal serupa.

Produsen TV, Sharp. awal tahun depan mengumumkan bakal mentup dua pabrik nya di propinsi Nagoya dan Kanagawa. bisa dibayangkan, berepa ratus karyawan yang bakal di pecat.

Seorang teman bercerita, " lihatlah januari nanti, bakal banyak gelandangan baru di sini".
di perusahaan kami sendiri bekerja. sudah tak lebih dari 400 karyawan yang dirumahkan.
Dan, kebanyakan mereka tak banyak mempunyai pilihan selain "pasrah" atas keputusan perusahaan.

"I can't do anything if the company says I'm no longer needed. While I can say I understand it, there's a very tough side to it," kata seorang pekerja 42 th.yang telah mengabdi 9 tahun di Toyota miyata plants di Miyakawa. Fukuoka.

Sebuah kisah paling memilukan saya lihat ketika pemuda 29 th menjadi gelandangan, "sangat susah untuk mendapatkan pekerjaan di jepang saat ini, walau segala daya telah diupayakan, sampai akhirnya saat ini, detik ini saya harus tidur di dalam stasiun kereta api, saya berharap ada yang bersedia menerima saya menjadi karyawan dan saya akan sangat berterimakasih untuk itu".

Meskipun. sampai 3 bulan kedepan warga jepang yang terlindungi asuransi masih mendapatkan tunjangan, namun tuk membayar sewa apartemen tidaklah cukup. mau tidak mau mereka pun harus berkemas dari apartmen. dan tinggal di gubuk gubuk dipinggir sungai atau di dalam stasiun bawah tanah.

Buat saya, sangatlah beresiko sekali menggantungkan hidup pada orang lain ( perusaan). kita jadi tak punya kuasa atas kehendak hidup. meski saat ini status saya masih seorang karyawan, tapi tidak untuk kedepan nya. itulah cita cita saya.

Sangatlah indah bagi saya tuk membayangkan kehidupan yang "bebas", jauh dari kata kata "yes Sir". tak lagi terhantui dengan kata kata "maaf, anda dipecat!!" atau yang lebih nge-tren saat ini adalah " you are Fire!!" nya trump.

Ada sebuah kata kata yang saat ini sering menghantui saya, yaitu menyangkut subuah keberanian, " pecatlah diri anda sekarang juga".

Jujur saja, untuk manjawab tantangan tsb, saya masih belum ada keberanian, tapi setidak nya saya sudah mempersiapkan nya, memang tak mudah tuk itu, apalagi kita hidup tidak sendiri di muka bumi ini, anak, istri, orang tua, tetangga dll.
segalanya harus dipikirkan dan dipersiapkan, secepatnya.

Sukses buat anda semua.

No comments:

Post a Comment