Saturday, February 21, 2009

Ciptakan E=wMC2 anda sendiri

Rumus ( E=wMC2) ini saya dapatkan dari blog nya pak Yuswohadi, konon beliau adalah murid terbaiknya pak Hermawan kertajaya ( penemu konsep new wave marketing), pak Yuswohadi menyebut rumus tsb dengan " Rumus marketing yang maha dasyat". dimana E= enegri. wM = word of Mouth ( buzz ) dan C2 = C pertama adalah offline costumr community dan C yang ke dua adalah online costumer community.

Artinya, rumus tsb akan bekerja sedasyat bom atom jika anda mampu menyinergikan ke dua kekuatan pemasaran masa depan, yaitu pemasaran dari mulut ke mulut dan komunitas pemasaran yang anda bangun dan fasilitasi.
Jika anda mampu menyebarkan buzz tentang produk dan layanan anda , dan buzz itu anda kembang biakkan dalam yang namanya " komunitas ", maka pasti anda akan mampu menciptakan energi marketing yang maha dasyat.

Dulu di kampung saya, ada seorang pengusaha genting ( genteng), saya lihat usahanya begitu maju, bahkan kabarnya dia pun menjadi suplyer perumahan di daerah kami, mungkin tanpa dia sadari sebelumya, dia pun menerapkan rumus yuswohadi tsb, yaitu dengan membangun lapangan bulu tangkis di dekat rumahnya, lapangannya pun tak dia sewakan, siapapun yang ingin main ditempatnya bisa main bulutangkis sepuasnya, dia pun rajin mengundang klub klub bulutangkis yang ada di daerah kami, dan begitu juga kadang kala dia pun ikut main ke tempat lain. bisa saja dari komunitas bulu tangkis inilah rumus E=wMC2 tsb bekerja.

Dan masih banyak lagi contoh nya, sebut saja pak Badroni Yuzirman, pendiri komunitas TDA(Tangan diatas). dan saya kira masih banyak lagi contoh dilapangan.

Ada yang ingin merasakan dasyatnya "bom atom tsb?"

1 comment:

  1. suatu yang bagus, jika banyak pengusaha/calon pengusaha yang mau mengaplikasikannya, aku yakin gak ada cerita kisah/cerita tentang pengangguran.
    maju terus dan gapai cita-cita setinggi langit.

    ReplyDelete